Feb 13, 2012

Mau Jadi Penulis? Hemmm...

Siapa sih yang tidak mau disebut sebagai penulis? Barangkali pertanyaan tersebut menggelayuti anda yang selama ini sedang menggeluti dunia tulis menulis. Profesi yang tidak memerlukan sertifikasi ini bisa disandang siapa saja yang sudah pernah menulis. Lain dengan profesi lain, misalkan advokat atau akuntan, biarpun kita sudah lama berkecimpung dalam dunia advokasi ataupun finance, akan tetapi kalau kita belum memiliki sertifikat profesi advokat dan akuntan, kita tidak akan diakui sebagai seorang advokat atau akuntan. Maka bersemangatlah untuk menulis, karena profesi penulis yang bisa anda sandang itu tidak memerlukan sertifikasi, yang tentunya memerlukan modal yang sangat besar. Tapi, tunggu dulu, penulis jangan asal nulis. Tulislah apa yang bermanfaat bagi orang lain atau setidaknya menghibur orang lain. 
Tidak sedikit dari kita yang, karena ingin jadi penulis, menulis dengan selera sendiri lalu diterbitkan sendiri, daripada dikirimkan ke penerbit belum tentu diterima. Tidak peduli apakah buku yang kita terbitkan itu sudah memenuhi unsur-unsur estetika atau kesusasteraan apa belum, yang penting kita sudah membuktikan bahwa kita sudah bisa menerbitkan buku hasil jerih payah sendiri. Langkah demikian tidak sepenuhnya salah, tapi juga, bagi saya, terlalu berlebihan. Iya gak sih? Tulisan yang belum "matang" itu harus kita poles dan bumbui dengan kemasan buku yang menarik. Ibarata makanan? Hmmm rasanya gak karuan. 
Menulis memang gampang-gampang susah. Saya sendiri, sangking tidak bisanya menulis, belum bisa menerbitkan buku sendiri. Gak Pede, itu barangkali kata yang tepat untuk mewakilinya. Mungkin kalau tulisan saya sudah banyak dimuat di media massa dan nama saya sudah dikenal, baru saya nerbitin buku sendiri. Daripada menjual buah yang belum matang tapi gak laku. 
Di internet sangat menjamur forum-forum penulis, mulai dari forum penulis kecil-kecilan hingga yang gedean. Yang saya maksud forum penulis kecil-kecilan adalah forum-forum kepenulisan yang "didirikan" oleh penulis yang belum dikenal. Adapun forum penulis gedean adalah forum kepenulisan yang didirikan oleh penulis-penulis yang sudah dikenal. Masing-masing forum kepenulisan ini biasanya menyuguhkan diskusi tentang kepenulisan disertai lomba-lomba menulis yang kemudian diterbitkan menjadi buku. Akan tetapi, sayangnya tidak semua buku yang diterbitkan oleh forum-forum kepenulisan itu berbobot. Artinya, karya-karya yang dimuat masih jauh dari harapan. Hal ini barangkali karena jurinya adalah mereka-mereka juga, bukan orang-orang yang berkompeten dalam dunia kepenulisan. 
Saran saya, jangan patah semangat untuk jadi penulis. Karena akan menjadi suatu kebahagiaan tersendiri yang tiada ternilai ketika karya-karya kita dibaca orang lain, apalagi kalau para pembacanya terinspirai dengan tulisan-tulisan kita. Tidak ada salahnya anda bergabung  dengan forum-forum kepenulisan atau ikutan lomba-lomba yang mereka buat, karena hal itu untuk mengasah kemampuan menulis kita, serta, yang lebih penting adalah menjaga ritme semangat menulis pada diri kita.

No comments :