Apr 17, 2013

PANTUN CINTA

>> Sinopsis Drama Sitkom TVRI "RUMAH PETAK" 

Haji Romli merasa kesepian di rumah. Apa-apa serba diurus sendiri. Makanya ia terpikir untuk mencari pendamping hidup agar ia tidak bosan di rumah. Mendadak muncul bayangan Mpok Ratih dalam pikirannya hingga membuatnya bertekad untuk melamar Mpok Ratih. Namun Haji Romli bingung harus bagaimana untuk mengutarakan niatnya tersebut, mau ngomong terus terang tapi malu.

Haji Romli jadi rajin bikin pantun (pantun cinta model lenong aja) untuk mengungkapkan perasaannya kepada Mpok Ratih. Hal ini membuat Adi heran dan geleng-geleng kepala. Ketika ditanya Adi ada apa gerangan, Haji Romli hanya bilang ini urusan dewasa. Jiah emang gue masih anak-anak? Gerutu Adi. Dari hari ke hari Adi kian bingung dengan tingkah ayahnya yang suka baca pantun cinta.

Suatu hari Mastur mencium aroma kasmaran pada diri Haji Romli yang dari tadi membaca pantun. Mastur mencoba menebak-nebak kalo Haji Romli sedang naksir sama Mpok Ratih. Seketika muncul niat Mastur memanfaatkan momen tersebut untum menarik hati Haji Romli agar tidak nagih uang kontrakan melulu. Mastur pun menawarkan diri untuk jadi Mak Comblangnya, dan gayung bersambut. Haji Romli bilang ke Mastur agar menjaga rahasia tersebut.  

Tagor, Paijo dan Aldo jadi curiga dengan kedekatan Mastur sama Haji Romli. Mereka berusaha mengorek info dari Mastur tapi Mastur bilang tidak ada apa-apa. Hingga suatu saat ketika sedang makan bersama di warungnya Mpok Ratih, Mastur menyindir-nyindir Mpok Ratih cocoknya sama Haji Romli. Tagor, Paijo dan Aldo lalu memaksa Mastur untuk mengikutsertakan mereka jadi “tim sukses”nya Haji Romli. 

Haji Romli jadi marah besar sama Mastur karena seluruh penghuni kontrakan tahu kalo dirinya sedang berusaha mendekati Mpok Ratih. Tapi Mastur punya seribu jurus, ia mengeluarkan bunga mawar merah dan mengajak Haji Romli ngasih ke Mpok Ratih. Haji Romli berubah girang bukan main, maka mereka pun segera pergi ke rumah Mpok Ratih. Namun, Haji Romli malah tidak bisa ngomong apa-apa ketika berhadapan dengan Mpok Ratih, dan hanya membaca-baca pantun gak jelas (ada kedondong di pasar minggu… ada jeruk, semangka, mangga… itulah nama2 buah dll) sambil memegangi bunga mawar. Hal ini membuat Mpok Ratih sewot dan mengusir Haji Romli sama Mastur. Mpok Ratih merebut bunga mawar dari tangan Haji Romli dan maksa memasukkannya ke dalam mulut Mastur.

No comments :